Masing-masing E-Wallet yang Jaka sebutkan di bawah ini, memiliki keunggulan masing-masing. Jadi, ada baiknya kalau kamu tidak menggunakan hanya satu aplikasi E-Wallet.

1. OVO

Aplikasi Ewallet Terbaik 6edb3

Salah satu aplikasi dompet digital terbaik adalah OVO. OVO menjadi salah satu aplikasi E-Wallet favorit masyarakat Indonesia karena sering memberikan promo dan cashback kepada para penggunanya.

Aplikasi pembayaran serba bisa ini juga simpel, instan dan aman, serta bisa digunakan untuk segala transaksi finansial kamu.

OVO memiliki dua fitur utama, yakni:

  • Payment, kemudahan bertransaksi dan pembayaran untuk segala kebutuhan kamu dengan OVO.

  • Pointsloyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant tersebut (1 OVO Point = Rp1).

OVO juga telah terdaftar dan diawasi Bank Indonesia (BI) sebagai penyelenggara FinTech. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menggunakan OVO.

2. DOKU

Aplikasi Ewallet Terbaik 2 4022f

Pelopor E-Wallet di Indonesia, DOKU Wallet, juga tidak kalah dengan aplikasi E-Wallet lainnya dari segi fitur.

Dilengkapi dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik atau cash wallet, kamu dapat menggunakan DOKU untuk berbelanja online maupun offline di merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan DOKU.

Dengan menggunakan DOKU, kamu akan memperoleh banyak kemudahan seperti :

  • Pembelian pulsa dan paket data
  • Berlangganan Spotify
  • Pembayaran listrik, telepon, dan air.
  • Pembayaran TV berlangganan.
  • Pembayaran cicilan multifinance.
  • Pembayaran BPJS Kesehatan

Melalui DOKU E-Wallet, kamu juga bisa melakukan tarik tunai, transfer ke rekening bank, dan juga transfer ke sesama DOKU.

Aplikasi ini terbilang aman selama kamu tidak memberitahukan DOKU ID dan password kamu kepada orang lain.

3. GO-PAY (GO-JEK)
Aplikasi Ewallet Terbaik 6 773ad

Aplikasi berikutnya adalah GO-PAY dari GO-JEK. Ya, raja FinTech Indonesia yang satu ini dapat digunakan untuk membayar transaksi yang berhubungan dengan layanan pada aplikasi GO-JEK seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Tix, Go-Clean, Go-Pulsa, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan transaksi pembayaran dengan aplikasi ini di merchant-merchant online dan offline yang bekerja sama dengan GO-JEK.

Hal menarik dari fitur GO-PAY adalah GO-JEK memberikan berbagai promo khusus yang tentunya menarik dan beragam setiap kali kamu melakukan transaksi menggunakan GO-PAY.

Untuk masalah keamanan, tentunya GO-PAY sudah terjamin baik untuk seluruh transaksi pembayaran, saldo, serta informasi pribadi kamu karena sudah terdaftar di BI.

Jadi, kamu tidak perlu meragukan keamanannya!

4. DANA

Aplikasi Ewallet Terbaik 4 01b55

E-Wallet berikutnya adalah DANA. Platform pembayaran digital yang satu ini menawarkan beberapa keunggulan salah satunya adalah layanan dan dukungan transaksi sangat lengkap.

DANA dapat digunakan baik itu di gerai online maupun konvensional. Aplikasi ini mengusung konsep open platform agar bisa terhubung dengan layanan transaksi digital lain dari vendor yang telah bekerja sama seperti KFC, TIX.ID, Bukalapak, dan Samsung Pay.

Selain itu, DANA juga menyediakan fasilitas pembayaran lewat QR code dengan mesin transaksi di outlet yang telah bekerja sama.

Aplikasi besutan EMTEK ini juga telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) dan telah memenuhi ketentuan serta persyaratan BI soal izin penggunaan uang elektronik, E-Wallet, Lembaga Keuangan Digital (LKD), dan transfer uang online.

 

5. LinkAja

Aplikasi Ewallet Terbaik 5 61cd1

Aplikasi dompet digital (E-Wallet) yang terakhir dalam daftar ini adalah LinkAja. Ya, LinkAja adalah penyelenggara FinTech pendatang baru.

Sama seperti OVO dan GO-Pay, kamu dapat menggunakan fitur pembayaran LinkAja di merchant offline yang sebelumnya menjadi rekanan BUMN dan Telkomsel.

Selain itu, kemudahan aplikasi ini juga dapat dirasakan untuk membeli BBM (Bahan Bakar Minyak) di pom bensin, pengiriman uang (remitansi), pembelian pulsa dan internet, pembayaran listrik dan tagihan air PDAM.

Layanan lainnya yakni, pembelian paket TV kabel, bayar pembelian gear gaming, pembayaran BPJS Kesehatan, Asuransi Tokyo Marine, Jiwasraya hingga asuransi CAR.

Ada juga fitur pembayaran cicilan ke multifinance, televisi berbayar iFlix, dan donasi.

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

Menggunakan E-Wallet untuk melakukan transaksi pembayaran memiliki keuntungan, lho! Apa saja keuntungannya?

 

1. Praktis dan Efisien

Dengan menggunakan E-Wallet kamu tidak perlu lagi pergi ke ATM, bank, dan membawa-bawa uang dan kartu yang membuat dompet tebal.

Cukup dengan handphone dan koneksi internet kamu sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Seperti berbelanja di aplikasi belanja online, melakukan pembayaran di restoran, dan masih banyak lagi.

2. Banyak Promo, Diskon, dan Cashback

E-Wallet juga sering, lho, menghadirkan banyak promo, diskon, dan cashback.

Cashback-nya ada yang sampai 60%!

Jadi, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi E-Wallet.

3. Aman

Saat ini, Bank Indonesia (BI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi dengan ketat penyelenggara FinTech.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir. Kalau ada apa-apa kamu bisa laporkan FinTech yang bersangkutan kepada BI dan OJK.

Di sisi lain, saldo E-Wallet kamu juga aman, kok. Kalau misalnya handphone kamu hilang, belum tentu saldo kamu raib juga.

Karena kebanyakkan aplikasi E-Wallet saat ini sudah dilengkapi dengan metode keamanan fingerprint, dan PIN.