Cara Mengoptimalkan Hardisk

Sebelumnya, ada yang tau tidak mengoptimalisasi hardisk itu tujuan nya untuk apa sih? buat apa sih?
Yang dimaksud dari optimalisasi adalah untuk mempercepat kinerja pada hardisk PC atau Laptop kalian. Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi pada kinerja Hardisk di PC atau Laptop.
Apa saja faktor yang mempengaruhi Kinerja pada Hardisk sih?

Berikut adalah daftar faktor yang mempengaruhi kinerja pada Hardisk kalian.

1. Free space yang tersisa pada Hardisk system yang tepatnya berada pada drive C:\ untuk yang default Windows yah.
2. Struktur folder yang belum terstruktur
3. Banyaknya software yang tidak penting
4. Tidak ada system caching hardisk.

Sekarang bagaimana Cara mengatasi faktor-faktor yang diatas?
Mari kita bahas sekarang dalam pembahasan Cara Mengoptimalkan Hardisk PC maupun Laptop.

1. Pastikan Free Space drive C:\ Masih banyak.

Sebenarnya apa sih pengaruhnya jika free space yang tersisa pada drive C:\ ini hampir habis? Jika hardisk system hampir habis maka Proses dari hardisk tersebut semakin lama akan semakin lambat dikarenakan akses ke hardisk tersebut sangat padat dikarenakan banyaknya program atau data lain yang ikut terproses di hardisk tersebut, Maka dari itu kita harus menjaga agar hardisk system tidak sampai penuh.

Dan ada juga file yang bersifat temporary yang seharusnya kita hapus saja. file tersebut tersimpan pada folder bernama Temp di drive C:\.

Untuk Cara menghapusnya pun mudah ikuti langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol logo Windows + R, maka akan keluar jendela Run, pada kolom yang kosong tuliskan dengan ” %Temp%” lalu klik pada tombol OK

.

  • Setelah menekan OK pada jendela Run, secara otomatis akan terbuka Folder Temp. tekan tombol CTRL+A lalu tekan tombol Delete pada keyboard, Jika ada jendela konfirmasi tekan tombol Yes, Setelah terhapus kalian hanya perlu membersihkannya saja di Reycle Bin pada desktop.

Maka file dan folder yang bersifat temporay yang tersisa di hardisk system kalian akan terhapus.

2. Cara agar folder dan file terstruktur dengan Defragment Hardisk

Disk Defragmenter adalah software bawaan dari windows yang dapat membantu kalian untuk menyusun kembali file, folder, atau program menjadi struktur yang baru yang kemungkinan dapat membuka file, folder atau program tersebut secara cepat karena sudah terstruktur kembali.

Cara untuk mendefragment Hardisk sangat mudah sekali. Ikuti langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Windows pada keyboard, lalu pada kolom pencarian tuliskan dengan ” disk defragmenter ” lalu klik pada Disk defragmenter
  • Maka akan terbuka program Disk Defragmenter, lalu pilih hardisk drive C:\ lalu klik Defragment Disk. tunggu sampai selesai lalu kalau sudah selesai di close saja Programnya.
3. Hapus Software yang kira-kira tidak penting dan jarang dipakai
Banyaknya software-software yang tidak penting tentunya menurut kita tidak masalah, Tapi bagi PC atau Laptop kita lah yang bermasalah selain memakai Space yang ada, Software tersebut juga memakan RAM dan juga memperlambat Startup disaat booting. Maka dari itu cobalah untuk menghapus beberapa Software yang sekiranya menurut kalian tidak penting.
Atau mungkin saja ada beberapa Software iklan yang sepertinya terinstall dengan sendirinya. Berdasarkan pengalaman saya. saya juga pernah mengalami hal tersebut. Dan setiap minggunya saya juga mengecek pada List Software apakah ada Software yang tidak penting atau tidak.
Untuk caranya kalian pasti taulah karena hal tersebut sangat mudah dilakukan. kalian hanya perlu membuka Control Panel lalu klik pada Menu Uninstall a Program.
4. Mengaktifkan Write Caching Hardisk.
Apa sih kegunaan mengaktifkan Write Caching pada hardisk itu? kegunaan nya adalah untuk mengaktifkan system cache jadi Hardisk tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari input yang akan dihasilkan karena file data yang akan kita buka sudah ada cache nya yang di hasilkan dari Write Caching tersebut.
Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut?
Ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Tekan logo Windows pada keyboard lalu klik kanan pada Computer, lalu pilih Manage.
  • Lalu klik dua kali pada Disk Drive, lalu klik kanan pada Hardisk kalian yang biasa nya ada Nama ATA/SATA/IDE setelah itu klik properties.
  • Setelah klik pada Properties. maka akan muncul jendela baru lalu klik pada tab Policies. Lalu klik checklist pada Enable write-caching on the device. Setelah terceklis lalu klik tombol OK. maka Write caching akan aktif dengan sendirinya.
Nah itu adalah 4 Cara Mengoptimalisasi dan Mempercepat Kinerja Hardisk pada PC atau Laptop kalian.