Belum lama ini, Sony baru saja mengumumkan tanggal perilisan sekaligus spesifikasi dari PS5. Kamu sendiri sudah kenal belum dengan konsol PS lainnya?

Siapa di sini yang belum pernah sama sekali main konsol PlayStation? Kalau kamu belum pernah main, berarti kamu harus coba, geng.

PlayStation merupakan konsol game buatan Sony Interactive System yang dirilis pertama kali pada 3 Desember 1994. Di usianya yang hampir 25 tahun ini, Sony telah merilis banyak banget produk.

Belum lama ini juga santer kabar mengenai tanggal rilis konsol terbaru mereka, yakni PS5. Kalau kamu adalah PlayStation Fan, kamu nggak boleh ketinggalan, geng.

Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5

Produk PlayStation nggak cuma konsol rumahan saja, geng. Ada controller alias stik, PlayStation Network, konsol handheld, bahkan smartphone gaming.

Dalam artikel ini, Saya bakal menjelaskan tentang sejarah dari konsol jadul legendaris PS1 hingga PS5 yang bakal dirilis akhir tahun depan.

Pasti kamu penasaran, kan? Kalau begitu, langsung saja simak artikel berikut ini.

1. PlayStation

1 Eb443

PlayStation pertama dirilis pertama kali di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994. Rilisnya konsol ini menandakan era baru konsol 32 Bit atau generasi ke-5.

PlayStation mampu mengalahkan pesaingnya, yakni Nintendo & Sega dalam meraih pasar internasional. Hal ini diakibatkan oleh teknologi PS yang lebih canggih.

Kalau kamu lahir di era ’90-an, pasti kamu ingat rental-rental PS 1 yang ada di mana-mana. Kamu bisa memainkan game PS1 tanpa perlu memiliki konsol sendiri.

Pada tahun 2000, Sony merilis suksesor dari PS, yakni PS One yang memiliki ukuran lebih kecil namun dengan performa yang sama.

Penjualan PS One sangat sukses, bahkan melebihi penjualan konsol pendahulunya. Apabila digabungkan, penjualan PS dan PS One mencapai 120 juta unit.

Game terpopuler untuk konsol PS dan PS One adalah game balap mobil, Grand Turismo. Game ini terjual hingga 11 juta keping ke seluruh dunia. Gokil banget!

2. PlayStation 2

2 9ff2d

PlayStation 2 dirilis pertama kali pada tahun 2000, 1 tahun lebih cepat dari kompetitornya, yakni XBOX dan Nintendo Gamecube.

PS2 merupakan konsol generasi ke-6 yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game di PS1 alias backwards compatible.

PS2 merupakan konsol terlaris sepanjang masa dengan menjual 155 juta konsol di seluruh dunia. Nggak cuma itu, PS2 juga menjadi konsol tercepat yang mencapai penjualan 100 juta konsol.

Pencapaian ini lebih hebat dibandingkan PS1 yang menjual 100 juta konsol dalam 9 tahun 6 bulan. PS2 cuma butuh 5 tahun 9 bulan saja, geng.

Selain versi standarnya, PS2 juga memiliki versi PS2 Slim yang lebih tipis dari pada versi aslinya. Versi slim dirilis pada tahun 2004.

Game terpopuler untuk konsol PS2 adalah game kontroversial, GTA San Andreas yang terjual hingga 17,3 juta keping ke seluruh dunia.

3. PlayStation 3

3 D3d27

Tahun 2006, tepatnya tanggal 17 November merupakan hari rilisnya konsol generasi ke-7 dari Sony, yakni PlayStation 3, atau disingkat PS3.

Berbeda dengan PS1 yang menggunakan optik CD-ROM dan PS2 yang menggunakan DVD-ROM, PS3 sudah menggunakan optik Blu-Ray, lho.

PlayStation 3 merupakan konsol dari Sony pertama yang memiliki fitur motion sensing. Nggak cuma itu, PS3 juga sudah mendukung grafis HD.

Konsol satu ini merupakan konsol yang nggak sepopuler saudara-saudaranya. PS3 cuma menjual sebanyak 80 juta unit di seluruh dunia per November 2013.

Meskipun begitu, banyak juga kok game-game asyik yang bisa kamu mainkan di PS3. GTA V versi PS3 laris manis dengan terjual sebanyak 15 juta keping.

PS3 sendiri memiliki 2 penerus, yakni PS3 Slim dan PS3 Superslim. Fiturnya sama, hanya ukurannya saja yang berbeda, geng.

4. PlayStation 4

4 3e6c0

PlayStation 4 merupakan konsol terakhir yang dirilis oleh Sony pada saat ini. Diumumkan pada 23 Februari 2013, PS4 mendapatkan respon sangat positif dari penggemar.

Hadirnya konsol generasi ke-8 ini tentu membawa perubahan besar dari konsol sebelumnya. PS4 sudah menggunakan arsitektur x86 dan juga beberapa layanan canggih.

Ada aplikasi PlayStation untuk menjadikan smartphone-mu layar kedua, dan yang ke-2 adalah PlayStation Now, layanan streaming game berbasis Cloud.

Terdapat 2 penerus dari PS4, yakni PS4 Slim dan juga PS4 Pro, geng. PS4 Slim dan PS4 Pro sama-sama dirilis pada 7 September 2016.

Sesuai namanya, PS4 Slim memiliki casing 40% lebih kecil dibandingkan PS4 biasa. Sedangkan, PS4 Pro justru adalah upgrade untuk PS4, geng.

PS4 Pro dapat memainkan game dengan resolusi 4K dan frame rate 60 FPS. Tujuan dirilisnya konsol ini adalah untuk menyaingi PC gaming yang sudah semakin maju.

Per bulan Juni kemarin, total penjualan PS4 adalah 100 juta unit. Sementara, game terpopuler di konsol ini adalah Uncharted 4: A Thief’s End yang terjual sebanyak 15 juta keping.

5. PlayStation 5

5 18e11

Setelah banyak rumor beredar, akhirnya Sony mengumumkan tanggal peluncuran resmi konsol masa depan ini. Rencananya, PS5 bakal dirilis sekitar bulan Oktober – Desember 2020.

PS4 saja sudah canggih banget, bayangkan seberapa canggihnya nanti PS5 ketika dirilis, geng. Kabarnya, sih, PS5 bisa digunakan untuk memainkan game PS1 hingga PS5.

PS5 katanya juga bakal mendukung grafis dengan resolusi 8K yang pastinya keren banget. Dengan grafis sebagus ini, pasti kita bakal susah membedakan mana yang nyata dan mana yang cuma game.

PS5 bakal memakai prosesor AMD dengan arsitektur Ryzen sehingga bakal membuat game makin lancar. Selain itu, dukungan SSD juga bakal bikin PS5 ngebut ketika proses loading.