Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2. (HiTekno.com)

Dua smartphone gaming terbaru telah rilis dengan chipset paling kencang saat ini. Keduanya adalah Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2.

Smartphone gaming ini sama-sama telah dilengkapi dengan chipset terbaru dan paling kencang dari Qualcomm. Tidak lain Qualcomm Snapdragon 855 Plus.

Chipset update dari seri Snapdrgon 855 biasa. Bedanya chipset ini mendapatkan peningkatan clock speed baik untuk CPU maupun GPU.

Soal performa dalam memainkan game, Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2 bakal seimbang. Tergantung bagaimana sistem pendinginnya bekerja.

Meski mengusung chipset sama, namun keduanya memiliki banyak perbedaan. Dari tampang hingga spesifikasi pendukung bermain game dan lainnya.

Buat kamu yang bingung memilih smartphone gaming mana yang ingin dipinang, berikut tim HiTekno.com buat perbandingan Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2

1. Sistem pendingin

Asus ROG Phone 2. (Asus)

 

Chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus sama diusung. Yang membedakan sistem pendingin yang diusung. Black Shark 2 Pro memakai Direct touch liquid cooling.

Sistem pendingin dengan cairan di dalam heat pipe masih jadi andalan sejak Black Shark. Berbeda dengan Asus memakai aksesoris tambahan untuk pendingin.

Asus ROG Phone 2 memiliki aksesoris AeroActive 2, yaitu kisap aktif yang bisa dipasang untuk menyerot suhu panas di dalam smartphone gaming ini.

Sistem pendingin ini membuat Asus ROG Phone 2 lebih dingin, namun harus memakai aksesori tambahan. Sedangkan Black Shark 2 Pro tanpa harus ribet.

2. Layar

Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2. (HiTekno.com)

 

Black Shark 2 Pro memakai layar AMOLED 6,39 inci beresolusi fullHD+ dengan touch sensing 240 Hz namun tidak diketahui berapa refresh ratenya. Layar ini tidak terpotong oleh poni.

Sedangkan Asus ROG Phone 2 memakai layar AMOLED 6,59 inci dengan refresh rate 120 Hz dan touch sensing 240 Hz juga. Layar ini mendukung HDR 10, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 6 tanpa poni.

Layar Asus nampak lebih luas sehingga lebih nyaman untuk main game. Namun Black Shark punya kerapatan 403 ppi yang bisa menampilkan gambar lebih detai dibanding 391 ppi.

3. Baterai

Asus ROG Phone 2. (Asus)

 

Black Shark 2 Pro hadir dengan baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 27 watt. Namun smartphone gaming Asus jauh lebih unggul di urusan baterai.

Asus ROG Phone 2 memakai baterai jumbo 6.000 mAh dengan dukungan fast charging 30 watt Quick Charger 4.0. Dan mendukung reverse charging 10 watt.

4. Aksesori

Aksesoris Asus ROG Phone 2. (Asus)

 

Soal aksesoris, Asus ROG Phone 2 juga lebih unggul. Pabrikan smartphone asal Taiwan ini memberikan banyak aksesoris, sistem pendingin AeroActive Cooler II.

Ada pula Aero Case, casing yang memperhatikan ventilasi pendingin. Ada juga TwinView Dock II yang menghadirkan layar kedua untuk main game.

Masih ada WiGig Display Dock Plus, Mobile Desktop Dock dan Pro Dock yang bisa menjadikan Asus ROG Phone 2 jadi PC desktop. Tidak ketinggalan Kunai Gamepad.

Sedangkan Black Shark 2 Pro belum mengungkap sejara jelas aksesoris apa yang dibawanya. Jika berkaca smartphone gaming sebelumnya, hanya tersedia gamepad.

5. Harga

Smartphone gaming Black Shark 2 Pro. (Mi.com)

 

Black Shark 2 Pro versi RAM 12 GB + 128 GB dihargai 2.999 yuan atau sekitar Rp 6,1 jutaan. Sedangkan versi RAM 12 + 256 GB dihargai 3.999 yuan atau sekitar Rp 8,2 jutaan.

Sedangkan Asus ROG Phone 2 RAM 12 GB + 256 GB dibanderol dengan harga 26.990 dolar Taiwan atau setara dengan Rp 12,1 juta. Sedangkan versi RAM 8 GB + 128 GB di China jial dengan harga 3.499 Yuan  atau Rp  7,1 jutaan.

Kesimpulan

Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2. (HiTekno.com)

 

Cari smartphone gaming paling kencang namun ramah di kantong? Black Shark 2 Pro jadi solusi tepat. Performa tinggi berkat chipset Snapdragon 855 Plus.

Sedangkan untuk yang mencari smartphone gaming komplit ya Asus ROG Phone 2. Dari banyaknya aksesoris, baterai besar, layar jumbo dan refresh rate tinggi, performa ngebut.

Itulah perbandingan antara Black Shark 2 Pro vs Asus ROG Phone 2, dua smartphone gaming paling kencang saat ini. Mana yang jadi pilihanmu?