Alasan Kenapa Wallpaper Hitam Bisa Hemat Baterai Smartphone Kamu
Dari sekian banyak komponen pada smartphone, layar adalah salah satu komponen penyumbang pemakaian daya terbesar pada baterai. Tahukah kamu, dengan mengganti wallpaper smartphone dengan gambar yang didominasi warna hitam, hal ini akan membuat baterai jauh lebih hemat.
Wallpaper berlatar belakang berwarna hitam atau yang gelap sepenuhnya, memang dapat menghemat daya baterai. Tapi, hal itu bisa dirasakan hanya pada ponsel pintar dengan layar AMOLED.
Lalu, bagaimana dengan ponsel yang memakai layar jenis LCD?
Mari kita telusuri hal ini lebih dalam.
Perlu diketahui bahwa saat ini di pasar smartphone, sebagian besar layar menggunakan teknologi Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED) dan LCD (Liquid Crystal Display).
Layar LCD sejauh ini lebih luas diaplikasikan dalam industri. Selain dipakai pada ponsel, televisi, monitor komputer, jam digital, kalkulator, dan kamera digital, LCD juga dipakai di kokpit pesawat atau panel istrumen di mobil.
Begitu juga dengan AMOLED yang saat ini dipakai pada jam tangan digital, perangkat mobil, laptop dan televisi. AMOLED terus diperluas pemakaiannya untuk mendukung konsumsi daya yang lebih hemat pada alat elektronik.
Seperti namanya, LCD sebenarnya adalah kristal, dan karena itu, panel ini tidak memancarkan cahaya sendiri melainkan mengirimkan cahaya dari sumber cahaya yang berada di belakang. Artinya, jika kamu melihat warna hitam pada smartphone LCD, sebenarnya warna itu menyala dari belakang. Oleh karena itu, LCD tidak benar-benar menampilkan warna hitam yang ‘benar’.
LCD juga cukup menguras daya tahan baterai jika dibandingkan dengan AMOLED, karena setiap pixel perlu diterangi setiap kali layar digunakan.
Sementara teknologi AMOLED, terbuat dari bahan organik yang benar-benar menghasilkan cahaya ketika arus dilewatkan – electroluminescence.
Tampilan AMOLED lebih ramah dari sisi pemakaian baterai, karena setiap pixel tidak selalu menyala. Hal itu juga menunjukkan warna hitam ‘sejati’ karena tidak ada lampu latar.
Masa pakai baterai: AMOLED vs LCD
Jika kamu memiliki layar AMOLED maka dapat menghemat baterai dengan menggunakan wallpaper hitam, atau latar belakang dan tema yang umumnya lebih gelap.
Berdasarkan temuan XDA Developers , kamu dapat menghemat sekitar 6 persen daya tahan baterai per jam pada kecerahan 20 persen jika menggunakan wallpaper hitam pada layar AMOLED, dan sekitar 8 persen per jam pada kecerahan penuh.
Kemudian, bagaimana penghematan baterai dilayar LCD? Karena LCD mengandalkan lampu latar, jadi tidak ada yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai. Memakai wallpaper warna hitam atau gelap pun, tidak memberi efek pada penghematan daya di ponsel berlayar LCD.
Satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai di ponsel dengan layar LCD adalah mengatur perangkat ke mode ‘Battery Saver’ dan mencoba untuk tidak selalu menyalakan layar setiap saat. Selain itu, pertahankan juga kecerahan layar serendah mungkin jika ingin baterai kamu hemat.