Entah Anda sedang merekam tutorial profesional atau hanya ingin beberapa klip video cepat yang bisa Anda tinggalkan di komputer orang tua Anda, jadi mereka memiliki pengingat sederhana bagaimana melakukan tugas dasar seperti mengirim email, Anda memerlukan perangkat lunak screen capture untuk membuatnya. Apa aplikasi perekaman layar ini adalah merekam semua yang Anda lakukan di layar (atau di bagian layar Anda) sehingga Anda dapat menyimpannya sebagai video. Anda kemudian dapat mempublikasikan video itu di platform seperti YouTube. Anda bahkan bisa menjualnya untuk menghasilkan uang secara online, atau kirimkan ke orang yang Anda cari.

Ada juga game streamers yang mengeposkan pada layanan seperti Twitch, entah untuk kesenangan atau keuntungan. Sementara mereka secara dangkal melakukan hal yang sama, mereka juga memerlukan fitur yang sedikit berbeda untuk berhasil menyiarkan game mereka.

Akhirnya, ada juga beberapa orang yang menggunakan screen recorder untuk menangkap siaran langsung. Penggunaan semacam ini seringkali bisa jadi ilegal, jika Anda akan melakukannya, periksa terlebih dahulu bahwa Anda diizinkan mengambil siaran langsung secara sah. Dalam beberapa kasus, menangkap siaran langsung untuk penggunaan Anda sendiri akan diizinkan. Menangkap satu dan berbagi secara online hampir pasti tidak akan.

Apa yang membuat aplikasi tangkapan layar yang bagus bergantung pada fitur apa yang paling Anda pedulikan (dan berapa anggaran Anda). Jika Anda seorang profesional, menghasilkan uang dari apa yang Anda ambil di layar Anda, maka fitur yang Anda butuhkan dan jumlah uang yang Anda siap akan sangat berbeda dengan seseorang yang ingin melakukan satu atau dua tutorial cepat untuk Saluran Youtube. Alih-alih mencoba untuk mengklaim bahwa fitur X, Y, dan Z sangat penting, saya malah akan mencantumkan beberapa fitur yang Anda inginkan. Perekam layar terbaik akan memiliki beberapa kombinasi dari keduanya, jadi pilih yang sesuai untuk Anda.

  • Screen Capturing. Yang ini jenis gimme. Setiap aplikasi perekaman layar harus bisa merekam apa yang terjadi di layar Anda. Jika tidak, Anda melihat aplikasi yang salah. Dengan mengatakan bahwa, ada beberapa variasi dalam seberapa banyak perangkat lunak pengambilan layar kontrol akan memberi Anda lebih dari apa yang tercatat. Apakah Anda hanya perlu mengambil bagian kecil dari layar? Apakah Anda perlu merekam rekaman dari cam web Anda pada saat bersamaan? Apakah Anda perlu untuk merekam dari beberapa monitor? Bagaimana dengan perangkat seluler Anda? Ini adalah semua fitur yang berbeda untuk dipikirkan.
  • Editing. Banyak perangkat lunak screen capture hadir dengan fitur pengeditan dasar (atau tidak begitu mendasar) juga. Ini berarti Anda dapat menggunakan satu aplikasi untuk menangkap dan mengedit rekaman layar Anda. Editor yang lebih baik memiliki fitur khusus untuk menangkap layar, seperti kemampuan untuk menyorot kursor atau mengikutinya di sekitar layar, yang tidak dimiliki editor video biasa. Jika Anda berencana untuk mengedit screencasts Anda sehingga mengalir lebih baik, Anda mungkin ingin memikirkan untuk mendapatkannya dengan editor yang layak. Di sisi lain, jika Anda berencana untuk streaming live atau hanya memasang video mentah, Anda mungkin tidak membutuhkannya.
  • Live Streaming dan Publishing. Semua aplikasi perekaman layar menawarkan cara untuk menyimpan tangkapan Anda sebagai video yang dapat Anda lakukan sesuai keinginan Anda, namun jika Anda tahu persis di mana Anda akan menerbitkan screencasts Anda, mungkin layak mencari aplikasi yang terintegrasi dengan Anda. layanan pilihan Misalnya, jika Anda ingin melakukan streaming di Twitch, memiliki aplikasi yang mengeposkan langsung ke Twitch akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah, daripada menggunakan beberapa solusi. Demikian pula, jika ingin streaming langsung di YouTube, Anda memerlukan aplikasi yang mendukung streaming langsung.
  • Price. Ada berbagai macam harga untuk perangkat lunak screen capture. Ada yang gratis dan open source, ada pula yang suite profesional seharga ratusan dolar. Sementara harga tidak harus berkorelasi dengan kualitas, namun berkorelasi dengan berapa banyak waktu pengembangan yang bisa masuk ke fitur baru dan berapa banyak dukungan yang dapat Anda harapkan dari para pengembang. Jika Anda baru memulai (atau hanya perlu melakukan beberapa video cepat), cobalah aplikasi open source gratis untuk memastikan rekaman layar sesuai untuk Anda. Jika itu karir Anda, pertimbangkan untuk berinvestasi di beberapa perangkat lunak profesional.

Mari kita mulai dengan ujung super tinggi. Masing-masing aplikasi ini menghabiskan biaya setidaknya seratus dolar (atau memiliki model berlangganan yang mahal). Ini semua adalah pilihan fitur lengkap untuk membuat kursus online yang serius. Jika Anda hanya ingin mengumpulkan beberapa screencasts cepat, mereka jelas bukan aplikasi untuk Anda.

adobe captivate screen recording app

Dengan harga $1.099 untuk lisensi penuh (atau $29,99 per bulan dengan kontrak 12 bulan), Adobe Captivate tidak murah harganya. Namun, ini adalah aplikasi terbaik mutlak untuk menyusun kursus e-learning. Serta memiliki alat tangkapan layar dan pengeditan terbaik yang tersedia di Windows atau macOS, Anda dapat menangkap screencasts dari aplikasi iOS dan mengintegrasikannya dengan aset lainnya.

Dimana Adobe Captivate benar-benar bersinar adalah dengan fitur penerbitannya. Dengan itu Anda dapat mengambil tangkapan layar Anda dan mengubahnya menjadi kursus interaktif dan e-learning yang lengkap, interaktif. Adobe membanggakan bahwa itu adalah pilihan untuk 80% perusahaan Fortune 500 dan mudah untuk melihat mengapa.

Untuk tangkapan layar yang sederhana, Adobe Captivate sangat berlebihan. Kebanyakan orang tidak membutuhkan set fitur. Tapi jika kedengarannya seperti itu untuk Anda (dan Anda siap membayarnya) Anda harus memeriksanya.

camtasia studio screen recording software

Camtasia Studio adalah aplikasi go-to dari banyak pendidik online. Saya tahu beberapa staf kursus di sini di Tuts+ menggunakannya. Ini tersedia di Windows dan macOS seharga $199. Setiap beberapa tahun ada versi baru dengan fitur baru dan pemilik sebelumnya mendapatkan potongan harga. Ada juga percobaan gratis 30 hari sehingga Anda bisa memeriksanya jika Anda mau.

Camtasia Studio adalah paket perekaman dan pengeditan layar yang lengkap. Ini memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan tutorial profesional. Bahkan memiliki fitur seperti kroma keying yang tidak tersedia di sebagian besar editor rekaman layar.

Harganya sedikit curam, tapi bagi banyak profesional (dan tentunya ada yang menggunakan Windows) itu aplikasi yang akan diupayakan.

screnflow screen recording software

Pada $129, Screenflow sedikit lebih dari separuh harga Camtasia Studio dan lebih dari separuh aplikasi. Meskipun tidak memiliki semua fitur canggih yang sama, ini masih merupakan screen capture dan editor yang sangat mumpuni; bahkan bisa diraih dari perangkat iOS. Ini adalah aplikasi yang saya gunakan untuk merekam dan mengedit semua kursus Tuts+ saya.

Seperti Camtasia, ada versi baru setiap dua tahun dengan harga upgrade. Ada juga percobaan gratis berfitur lengkap tanpa batas waktu. Namun, versi uji coba menyaring video Anda, yang menghilangkan tampilan profesional.

Jika Anda adalah pengguna macOS dan tidak memerlukan fitur Camtasia yang lebih canggih (yang mungkin kebanyakan orang), maka Screenflow adalah aplikasi terbaik yang tersedia. Ada alasan saya menggunakannya.

Sekarang setelah kita mengeluarkan senjata besar, sekarang saatnya melihat perangkat lunak perekaman layar terbaik untuk kebanyakan orang. Jika Anda hanya ingin mengumpulkan beberapa screencasts cepat, aplikasi gratis (atau yang paling tidak terjangkau) ini adalah yang akan dicari.

filmora screen recording software

Tersedia di Windows dan Mac, Filmora scrn (ya, begitulah cara mereka memberi judul aplikasi) adalah pilihan terbaik dan murah. Lisensi seumur hidup untuk satu PC atau Mac adalah $24,99 (yang tahunan adalah $19,99 jadi mungkin tidak layak dipertimbangkan).

Seperti Camtasia dan Screenflow, Filmora scrn adalah aplikasi tangkapan layar dan pengeditan. Fitur screen capture sebenarnya gratis untuk digunakan dengan trial yang tidak terbatas waktu, tapi fitur pengeditannya yang menariknya bersamaan.

Untuk sebagian kecil dari harga salah satu pilihan yang lebih kuat, Anda mendapatkan 90% dari rangkaian fitur. Kecuali Anda yakin Anda memerlukan aplikasi yang lebih mahal, Filmora scrn adalah satu-satunya yang harus dicari.

camstudio screen recording software

CamStudio adalah solusi open source dan gratis untuk Windows. Ini adalah aplikasi yang paling mendasar dalam daftar ini, tapi memang persis seperti yang dikatakannya. Ini menangkap layar Anda dan tidak memerlukan biaya sepeser pun.

CamStudio tidak memiliki fitur pengeditan dari pilihan sebelumnya, namun karena Anda dapat menyimpan video tersebut dan mengeditnya di aplikasi lain yang Anda inginkan, ini mungkin bukan masalah besar bagi Anda.

Bagi banyak orang, CamStudio mungkin sedikit sederhana, namun jika Anda benar-benar hanya membutuhkan sesuatu untuk menangkap layar Anda, ia bekerja dengan sempurna. Ini tidak mencolok, tidak mewah, tapi merekam layar Anda saat Anda menginginkannya.

 

Semua perangkat lunak sejauh ini benar-benar dirancang untuk merekam layar Anda sehingga Anda dapat mengunggahnya atau mempublikasikannya di tempat lain nanti. Jika itu yang Anda butuhkan, maka mengagumkan. Tetapi jika Anda mencari cara untuk menangkap layar dan mengalirkannya secara langsung, Anda memerlukan salah satu dari aplikasi berikut.

obs studio screen recording software

Sementara OBS Studio juga bisa digunakan sebagai perekam layar, aplikasi open source gratis dan tersedia untuk Windows, Mac dan Linux adalah yang terbaik saat Anda menjalani skrining langsung. Ini memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk memasang saluran Let’s Play di salah satu platform utama.

Ada sedikit kurva belajar, seperti yang sering terjadi dengan perangkat lunak open source, namun jika Anda ingin memulai live streaming tanpa menjatuhkan uang, itu adalah perangkat lunak tangkapan layar terbaik yang harus diupdate.

gameshow screen recording software

Sementara Gameshow berfungsi dengan tujuan yang sama seperti OBS Studio, aplikasi Windows dan Mac seharga $29.99 ini memiliki dukungan semir dan pengembang yang lebih banyak. Ini juga dirancang secara eksplisit untuk streaming (dan perekaman) game dalam resolusi tinggi sambil tetap menjaga agar CPU tetap rendah sehingga tidak menghabiskan siklus berharga dari game Anda.

Jika Anda mulai serius dengan live streaming sendiri bermain game komputer, Gameshow sangat layak untuk dilihat. Ada banyak pita profesional yang menggunakannya untuk menghasilkan uang dari Twitch.

xsplit streaming software

Pilihan paling profesional di ruang live streaming, XSplit Broadcaster dan XSplit Gamecaster adalah dua aplikasi Windows yang sedikit berbeda yang Anda dapatkan dengan lisensi yang sama. Set fitur XSplit Broadcaster ditujukan untuk penyiaran multi-kamera set up daripada hanya layar Anda sementara XSplit Gamecaster dirancang hanya untuk para gamer untuk streaming langsung.

Profesionalisme, bagaimanapun, tidak murah. Lisensi dua belas bulan adalah $59,95, walaupun saat ini lisensi seumur hidup tersedia sebesar $199. Dengan harga ini, Anda harus benar-benar membutuhkan tingkat produksi profesional yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi XSplit untuk membenarkan pembelian.