Ini Cara Menggunakan Fitur AR Canggih di Google Maps
Google Maps menambahkan teknologi baru pada aplikasinya yaitu Augmented Reality (AR). Google Maps AR ini pertama kali diperkenalkan dalam acara Google I/O 2018 di Mountain View, Amerika Serikat (AS).

Dilansir Pocket Lint via Tekno Liputan6.com pada Selasa (28/5/2019), Google Maps AR menggunakan kamera belakang smartphone untuk memberikan gambar asli dari jalanan tersebut, yang mana sama seperti yang dilihat mata pengguna dibandingkan dengan hanya melihat titik-titik seperti biasanya pada layar Maps.

Uniknya, petunjuk arah juga akan muncul pada layar smartphone untuk menuntun arah pengguna.

 

Cara mengaktifkan fitur AR di Google Maps yaitu dengan menekan tombol “Start AR”, fitur AR otomatis akan mengaktifkan kamera dan langsung memberikan rute terbaik untuk mengantarkan pengguna ke destinasi mereka.

Ketika mengaktifkan fitur AR, otomatis layar smartphone akan terbagi dua. Bagian atas merupakan fitur navigasi Google Maps AR, dan bagian bawah layar menampilkan petunjuk Google Maps seperti biasanya.

Untuk menampilkan petunjuk arah, smartphone pengguna harus menyorot ke arah jalanan. Jika tidak, maka sebuah peringatan akan muncul di layar smartphone pengguna dan tidak akan memberikan petunjuk kepada pengguna jalan.

Perlu digaris bawahi, Google Maps AR hanya tersedia untuk fitur Maps pejalan kaki. Sayangnya, belum diketahui kejelasan kapan fitur ini akan diluncurkan.