Game seperti ini umumnya memiliki banyak ending atau akhiran, dengan setiap pemain tidak akan mendapatkan pengalaman yang sama secara keseluruhan. Berikut 7 game yang membiarkan pemain memilih jalan ceritanya sendiri.

1. Until Dawn

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Mungkin, contoh paling mudah dari game dengan cerita yang tidak linear adalah Until Dawn. Pada game yang dikembangkan oleh Supermassive Games ini, hubungan tiap karakter dipengaruhi oleh pilihan percakapan yang nantinya bisa berdampak terhadap konsekuensi baik atau buruk.

Quick-time event atau QTE, juga diimplementasikan ke dalam Until Dawn guna meningkatkan sensasi ketegangan di sepanjang permainan. Until Dawn dianggap sebagai contoh cemerlang dari game yang ceritanya bisa pemain kendalikan sendiri.

2. Assassin’s Creed Odyssey

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Franchise Assassin’s Creed dikenal karena pendekatan stealth dan action-nya, namun itu bertambah setelah Odyssey dirilis. Seri terbaru yang berlatar di Yunani ini, menawarkan konsep pengambilan keputusan.

Sebagai permulaan, di awal pemain akan disuruh untuk memilih karakter Spartan mana di antara Alexios atau Kasandra. Kemudian di sepanjang permainan, pemain juga akan dihadapkan dengan sejumlah pilihan yang berdampak terhadap misi. Beberapa pilihan akan menuntun ke hadiah yang baik atau buruk.

3. Mass Effect 2

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Dirilis pada tahun 2010, Mass Effect 2 melanjutkan kisah dari prajurit masa depan, Commander Shepard. Pada game ini, pemain memiliki kemampuan untuk memberikan perintah kepada anggota kru Shepard di Normadia.

Setiap pilihan memiliki dampak, baik terhadap hubungan maupun aksi yang akan dilakukan di masa depan. Kerennya lagi, pemain bisa mengambil save file dari Mass Effect pertama kemudian menggunakannya di Mass Effect 2 untuk melanjutkan cerita berdasarkan pilihan yang dibuat di game pertama.

4. The Witcher 3: Wild Hunt

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

The Witcher 3 memulai debutnya pada tahun 2015, di mana pemain diajak untuk mengikuti perjalanan Geralt of Rivia, seorang pemburu monster dengan kemampuan sihir yang luar biasa. Game ini menyajikan pertarungan yang intens, dunia yang luas dan menarik serta karakter-karakter dan monster yang beragam. Menariknya lagi, CD Projekt Red selaku developer, juga memberikan kemampuan kepada pemain untuk membuat keputusan penting yang bisa berdampak terhadap NPC dan ending cerita yang jumlahnya banyak.

5. Heavy Rain

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Heavy Rain mendorong pemain untuk menikmati game detektif neo-noir dengan elemen thrilleryang cukup mencekam. Pemain akan memainkan banyak karakter di game ini, namun nasib dan pilihan yang karakter tersebut ada di tangan pemain.

Sama seperti beberapa game lain yang menawarkan konsep serupa, setiap keputusan pada Heavy Rain akan memengaruhi hasil akhirnya. Keputusan yang dibuat mungkin tidak akan mengubah sosok di balik Origami Killer, namun akan melahirkan konsekuensi entah itu melegakan atau tragis.

6. Life Is Strange

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Maxine Caufield mengalami pengalaman terburuk yang pernah dialami oleh seorang remaja di Life Is Strange. Dalam ceritanya, Max menemukan bahwa ia memiliki karunia untuk melihat masa depan dan memundurkan waktu.

Ia berusaha untuk menggunakan kemampuan itu untuk menghentikan tindakan-tindakan tertentu seperti pembunuhan, penindasan hingga percobaan bunuh diri. Selain itu, pada game ini, pemain juga dapat membuat pilihan dialog yang nantinya bisa membuahkan hasil akhir yang baik atau buruk.

7. Detroit: Become Human

7 Game yang Membiarkan Pemain untuk Memilih Jalan Ceritanya Sendiri!

Detroit: Become Human memungkinkan pemain untuk mengendalikan tiga robot android berbeda yang masing-masing punya tujuan sendiri-sendiri. Robot-robot android itu, terdiri dari Markus (android terbuang yang terlibat dalam pertempuran politik), Kara (android asisten rumah tangga yang berusaha melindungi putra majikannya) dan Connor (android dengan skilldetektif yang menyelidiki sifat menyimpang dari jenisnya). Setiap cerita dari setiap android, memiliki banyak pilihan yang sebagian besar di antaranya cukup emosional.

Demikian tadi ulasan menarik mengenai game yang membiarkan pemain memilih jalan ceritanya sendiri. Deretan game di atas bisa dibilang merupakan terbaik dari yang terbaik, jadi jangan sampai tidak memainkannya. Semoga bermanfaat!