Tidak semua aplikasi atau game bisa diunduh oleh semua jenis perangkat. Terkadang, beberapa aplikasi atau game tidak kompatibel dengan perangkat tertentu atau bahkan dibatasi wilayah.

Ilustrasi berbagai aplikasi di ponsel Android. [Shutterstock]

Sebagai catatan: tidak semua aplikasi selalu berfungsi dengan baik pada perangkat pengguna. Beberapa perbedaan mungkin akan ditemukan, seperti perbedaan dalam resolusi layar atau rasio aspek.

Selain itu, meski penggunaan VPN atau APK akan sangat membantu dalam menginstal aplikasi atau game yang tidak kompatibel pada perangkat pengguna, perlu diperhatikan bahwa mengunduh file APK bisa berbahaya jika berasal dari sumber yang tidak memiliki reputasi baik. Diimbau pengguna berhati-hati dalam memilih file.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memasang aplikasi yang tidak kompatibel:

  1. VPN
    Ada beberapa aplikasi VPN yang di Google Play Store yang bisa digunakan untuk mengelabui lokasi pengguna, salah satunya adalah TunnelBear. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi atau game yang tidak kompatibel di perangkat.
    Setelah mengunduh TunnelBear, buka aplikasi dan buat akun baru. Pengguna akan melihat sakelar untuk mengaktifkan TunnelBear dan peta dunia. Ketuk negara yang diinginkan dan pengguna akan mendapatkan permintaan koneksi.
    Setelahnya akan muncul ikon beruang menuju lokasi yang telah dipilih pengguna. Dari sana, pengguna dapat mengunduh aplikasi atau game yang diinginkan melalui Google Play Store. Namun, jika aplikasi yang dimaksud tidak ditemukan, hapus cache Play Store dengan mengakses Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store.

    2. APK
    Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi APK melalui APK Downloader dan menyalin URL aplikasi dari Google Play Store.
    Untuk melakukannya, salin URL aplikasi atau game yang diinginkan dengan memilih tombol Bagikan di Play Store. Tempel URL ke situs APK Donwloader dengan alamat https://apps.evozi.com/, lalu unduh file APK.
    Jika situs APK Downloader tidak berfungsi, pengguna dapat mencoba dengan mengakses melalui APK Mirror.