Kamu mungkin pernah mendengar nasihat, jika ada aplikasi yang error hapus saja cache atau data aplikasi. Kedua cara ini sering kali menjelma sebagai solusi yang paling manjur untuk mengatasi masalah pada aplikasi Android. Apa sih bedanya?

Android adalah OS yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Ada banyak sekali model smartphone Android dari berbagai produsen smartphone, dari berbagai ukuran layar dan resolusi, dari yang murah sampai yang mahal.

Namun banyaknya pilihan model smartphone menimbulkan masalah kompatibilitas terhadap aplikasi Android. Tentunya kamu pernah dong mengalami masalah aplikasi error, bahkan jika kamu menggunakan smartphone Android flagship paling baru saat ini. Lalu bagaimana solusinya?

Begini Cara Paling Manjur Mengatasi Aplikasi Android yang Error

Kamu mungkin pernah mendengar nasihat, jika ada aplikasi yang error “clear cache aplikasi” atau “clear data aplikasi” saja. Kedua cara ini sering kali menjelma sebagai solusi yang paling manjur untuk mengatasi masalah pada aplikasi Android. Keduanya tampak punya fungsi serupa, tapi apa sih perbedaan sebenarnya? Yuk, mari belajar bersama.

Menghapus Cache Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error 2

Cache adalah tempat penyimpanan sementara dari perangkat yang mempertahankan beberapa jenis data. Tujuannya untuk mempercepat proses aplikasi dan mengurangi jumlah data yang dikonsumsi.

Contohnya ketika kamu membuka menggunakan aplikasi Google Maps, pertama kali membuka mungkin akan sedikit lama loading-nya. Karena aplikasi harus men-download data terlebih dahulu, sebagian data tersebut akan disimpan oleh sistem sebagai cache. Jadi berikutnya ketika kamu membuka Google Maps, aplikasi mampu berjalan lebih cepat.

Mengapus Data Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error 3

Jika langkah pertama tidak bekerja, langkah kedua untuk mengatasi aplikasi yang bermasalah adalah dengan clear data aplikasi. Fitur ini akan menghapus seluruh data yang ada, termasuk pengaturan aplikasi. Jadi, aplikasi benar-benar kembali seperti ketika kamu baru meng-install aplikasi.

Contohnya ketika kamu clear cache pada aplikasi LINE, maka semua stiker yang kamu download akan hilang. Tapi kamu masih dapat menggunakan LINE seperti biasa. Sedangkan ketika kamu melakukan clear data aplikasi, maka menghapus keseluruhan data aplikasi yang tersimpan. Jadi, untuk menggunakan LINE kamu harus login dan mengatur pengaturan ulang.

Keuntungan Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error 4

Beberapa aplikasi memang kadang menyimpan data cache yang benar-benar menggerogoti penyimpanan yang tersedia pada perangkat kamu. Dengan menghapus cache atau data aplikasikamu akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Bisa melapangkan memori internal.
  • Mengatur ulang aplikasi ke pengaturan default.
  • Membereskan masalah, seperti aplikasi yang berjalan lambat atau tidak bekerja.

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error 1

Tak perlu meng-install aplikasi tambahan, kamu bisa mengakses melalui menu pengaturan. Selanjutnya pilih aplikasi dan tinggal pilih aplikasinya, maka akan muncul pilihan membersihkan cache dan data aplikasi. Kamu juga bisa melihat total besaran cache yang ada di menu penyimpanan telepon.

Perlukah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga?

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error 5

Aplikasi Clean Master dan aplikasi sejenisnya ini memang akan membersihkan ponsel kamu dari data cache, untuk meningkatkan kinerja smartphone. Bertolak belakang ya, keberadaan cache pada dasarnya dibutuhkan agar kinerja aplikasi lebih cepat.

Jelas kamu tidak membutuhkan aplikasi pihak ketika, aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa ini hanya akan memakan banyak daya baterai, belum lagi adanya iklan yang dalam aplikasi mereka. Sangat berpotensi menghabiskan data kuota internet kamu yang terbatas.

Kesimpulan

Mengingat banyaknya model smartphone Android, memang menjadi tantangan developer aplikasi. Agar bagaimana pun caranya aplikasi mereka dapat berjalan di smartphone Android yang banyak macamnya.

Pun demikian masalah bisa ditemui, yang salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi. Kedua proses jelas memiliki fungsi yang berbeda, langkah pertama untuk memperbaiki aplikasi yang memiliki masalah yang mengganggu. Langkah kedua akan menghapus semua data aplikasi, jadi apa pun data yang disimpan dalam aplikasi, termasuk audio, video, atau file gambar, juga akan terhapus.

Gimana menurut kamu, apakah kamu berpikir dengan menghapus cache aplikasi akan meningkatkan kinerja smartphone? Malah sebaliknya bukan, karena aplikasi harus mengunduh data ulang yang tidak hanya berpotensi memakan kuota internet tapi juga baterai.