Ilustrasi buku komik. (Pixabay)

Komik dulu terkenal dalam bentuk cetak, namun kini sudah banyak yang beralih ke digital. Bahkan bermunculan aplikasi baca komik gratis di Android.

Dengan aplikasi baca komik di Android ini, para penggemar komik kini memiliki opsi lebih banyak untuk membaca komik kesayangannya.

Pembaca pun dapat menemukan aplikasi baca komik gratis di platfrom Android, mulai dari cerita original hingga cerita yang sudah pernah diterbitkan dalam bentuk komik.

1. LINE Webtoon

Tak hanya membuat aplikasi perpesanan, LINE juga menawarkan aplikasi untuk membaca komik. Aplikasi sebesar 16 MB berisi komik original dari pembuat komik di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Aplikasi komik gratis Android terpopuler. [Google Play Store]

Tampilan komik akan disesuaikan dengan perangkat sehingga pengguna akan nyaman ketika membaca. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan rotasi layar yang bisa diatur dan pengguna cukup menggeser layar untuk pindah ke halaman selanjutnya.

Tidak hanya itu, setelah membaca satu episode, pengguna juga bisa berkomentar dan menyukai komentar pengguna lain di kolom bagian bawah.

Aplikasi baca komik gratis ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

2. Webcomics

Aplikasi Android yang dikembangkan oleh NeoBazar ini memiliki ukuran sebesar 2,8 MB. Sama seperti LINE Webtoon, Webcomics juga menawarkan cerita original yang belum pernah dibukukan. Namun, Webcomics tidak hanya berisi komik tetapi juga novel yang bisa dibaca secara gratis.

Aplikasi komik gratis Android terpopuler. [Google Play Store]

Pengguna bisa mengunduh episode tertentu untuk dibaca secara offline dan dapat menghapusnya kembali untuk menjaga kapasitas perangkat.

Aplikasi baca komik di Android ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.

3. Manga Rock

Aplikasi Android yang dikembangkan oleh Not A Basement International ini memiliki ukuran 48 MB. Manga Rock menawarkan komik-komik yang pernah diterbitkan menjadi sebuah buku komik.

Aplikasi komik gratis Android terpopuler. [Google Play Store]

Aplikasi baca komik ini mendukung fitur lintas platform, tampilan yang dapat diatur, hingga offline.

Namun, karena adanya hak cipta, tidak semua komik tersedia dalam aplikasi android ini dan konten hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Manga Rock telah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali.

4. MangaToon

Aplikasi berukuran 16 MB ini tidak hanya menawarkan membaca komik secara gratis, tapi juga menonton anime. Pengguna juga dapat mengunduh MangaToon dan menikmatinya secara offline.

Aplikasi komik gratis Android terpopuler. [Google Play Store]

Tidak hanya itu, aplikasi ini mendukung pengoptimalan untuk tampilan sehingga pengguna dapat membaca komik dengan melakukan scrolling tanpa terputus. MangaToon telah diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali.

5. ToryComics

Aplikasi yang dikembangkan oleh ToryWorks ini memiliki ukuran sebesar 9,8 MB. Pengguna akan mendapatkan kupon gratis untuk membaca satu episode yang belum ditayangkan. Kupon gratis tersebut akan diberikan secara acak dan bisa didapatkan dari event variasi.

Aplikasi komik gratis Android terpopuler. [Google Play Store]

Komik yang disediakan pun berasal dari seluruh dunia, sehingga pengguna bisa beralih ke bahasa lainnya. Aplikasi ToryComics ini sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali.